Daun Pandan

Daun Pandan-1

Daun pandan wangi adalah jenis tumbuhan monokotil yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Berkat aroma yang dihasilkan oleh daunnya, tumbuhan ini menjadi salah satu pewangi makanan popular untuk masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Aroma wangi yang dihasilkan sangat cocok untuk makanan manis atau gurih karena bisa menciptakan cita rasa tersendiri. Sementara, daun pandan biasa digunakan dalam pembuatan kue atau masakan lain seperti kolak dan bubur kacang hijau.

Daun ini juga kerap diletakkan di sela-sela nasi saat ditanak agar nasi menjadi harum. Selain aromanya yang wangi dan rasanya yang khas. Seperti kebanyakan bumbu masak, daun pandan juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, antara lain sebagai pengobat rematik dan pegal linu, lemah syaraf, membantu mengatasi rambut rontok, menghitamkan rambut serta menghilangkan ketombe pada rambut.

This post has already been read 1472 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>