Daun Parsley (peterseli)

Daun Parsley-1

Sejenak jika melihat daun ini, pasti anda menyangka bahwa ini adalah dauh seledri. Daun ini memang serupa dengan dauh seledri yang biasa dipakai untuk kuliner bakso, namun ini adalah daun parsley atau biasa disebut daun peterseli. Peterseli yang memiliki nama latin Petroselinum cripsum ini merupakan tanaman berwarna hijau yang seringkali digunakan sebagai daun penghias makanan.

Tidak hanya itu, peterseli juga biasa digunakan sebagai pengharum pada sup ayam dan pemberi cita rasa berbeda pada kaldunya. Peterseli juga dapat digunakan sebagai bumbu pelengkap pada berbagai resep masakan.

Biasanya peterseli digunakan dengan cara dirajang dan ditabur di atas makanan atau potongan daunnnya cukup diletakkan di atas makanan agar makanan terlihat cantik. Selain sebagai pelengkap dan bumbu makanan, peterseli juga dapat digunakan sebagai campuran pada jus buah untuk memperkaya rasa dan khasiat kesehatannya.

Tanaman hijau cantik ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh dan menyembuhkan beberapa penyakit, seperti batuk, flu dan demam. Selain itu, dedaunan yang konon sudah ditanam sejak 2000 tahun lalu ini juga dapat berkhasiat sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit seperti, liver, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, anemia, masalah hormonal perempuan dan masalah bau mulut.

 

This post has already been read 7582 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>