Kayu Manis

Kayu Manis-1

Kayu manis (Cinnamomun burmanni) adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini telah digunakan di Mesir Kuno sejak 5000 tahun yang lalu. Selama ini, bumbu yang berbentuk seperti kayu ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pembuatan jamu. Selain itu, aromanya yang harum menyengat serta rasanya yang manis juga sangat cocok digunakan sebagai campuran kue dan cake. 

Rempah yang juga dikenal dengan nama kulit manis ini mengandung berbagai senyawa kimia seperti minyak atsiri eugenol, safrole, juga kandungan sinamaldehyde, dan tannin yang berguna untuk mengobati beberapa penyakit, seperti asam urat, tekanan darah tinggi (hipertensi), radang lambung atau maag (gastritis), hilang napsu makan, sakit kepala (vertigo), masuk angin, perut kembung, diare, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, sariwan, asma, sakit kuning, dan lain-lain.

Aneka resep masakan yang menggunakan kayu manis diantaranya, Klappertaart, Puding roti, Nasi kebuli, Tengkleng kambing, dan Rendang.

This post has already been read 1747 times!

One comment to Kayu Manis

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>