Kencur

Kencur-1

Kencur (Kaempferia galangal L), adalah salah satu bumbu dapur berupa tanaman rimpang yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan. Rasanya yang khas serta aromanya yang tajam dan menyegarkan membuat kencur disukai oleh banyak orang. Berbagai masakan tradisional Indonesia dan jamu menggunakan kencur dalam resepnya.

Selain itu, kencur sering digunakan sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak. Selain itu, tumbuhan ini juga berkhasiat untuk mengobati infeksi bakteri, batuk, disentri, ekspektoran, masuk angin dan sakit perut. Di Cina, kencur digunakan untuk obat berbagai penyakit seperti sakit gigi, memar, nyeri dada, sakit kepala, dan sembelit. Bagi anda yang belum mengetahui, bumbu dapur ini juga bisa mengobati tetanus, radang lambung, muntah-muntah, panas dalam, serta keracunan.

This post has already been read 1072 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>