Kuku Sehat dengan Bahan di Dapur

Kuku sehat

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang sering dinomorduakan perawatannya. Kebanyakan orang menganggap kuku cukuplah hanya dipotong atau dikikir sesekali. Manicure atau pedicure bagi sebagian orang adalah kegiatan yang tak hanya memakan biaya dan waktu. Belum lagi butuh tenaga ahli untuk melakukannya.

Tapi tahukah anda bahwa dapur anda menyimpan semua yang anda butuhkan untuk mendapatkan kuku yang sehat dan cantik? Bahan-bahan yang biasa anda simpan itu, tidak hanya berguna untuk menyedapkan masakan tapi juga bisa jadi bahan untuk manicure-pedicure sendiri di rumah. Pemanfaatannya pun relatif mudah dan anda tak perlu tenaga ahli untuk melakukannya.

Kuku sehat

Berikut ini adalah beberapa bahan yang memiliki manfaat bagus untuk kuku anda.  Bahan-bahan berikut ini sangat mudah didapatkan dan umumnya sudah ada di lemari atau kulkas di dapur anda:

Garam

Salah satu bahan di dapur yang paling mudah dan sering ditemui. Kandungan yodium dalam garam bisa membuat kuku anda lebih bersih dan sehat. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup larutkan satu setengah cangkir garam di dalam baskom berisi air hangat. Rendam kuku anda selama kurang lebih 30 menit di dalam larutan garam ini sebelum memotong dan membentuknya dengan nail buffer. Perendaman ini berfungsi untuk sedikit melunakkan kuku untuk sementara waktu. Kuku yang lunak berisiko rendah mengalami kerusakan enamel saat dipotong.

Baca Juga:Khasiat Garam si Bumbu Dapur untuk Kecantikan

Lemon

Selain garam, lemon juga bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan kuku karena kandungan vitamin C-nya dapat membuat kuku anda lebih sehat dan kuat. Kandungan asamnya juga bisa menjadikan buah berasa masam ini sebagai pengganti aseton. Cukup potong lemon menjadi beberapa irisan dan gosokkan ke permukaan kuku yang ingin dibersihkan. Memang akan makan waktu cukup lama untuk benar-benar membersihkan cat kukunya, tapi kuku anda terbebas dari bahan kimia yang bisa membuatnya menguning. Belum lagi begitu selesai, tangan dan kuku anda akan memiliki aroma segar khas lemon.

Namun, pastikan tangan dan jemari anda terbebas dari luka sebelumnya. Kandungan asam pada lemon dapat menyebabkan rasa perih jika terjadi paparan langsung sari buah ini pada luka.

Bawang Putih

Selain bisa menurunkan kadar kolestrol, bumbu dapur yang berbau menyengat ini bisa juga dimanfaatkan untuk mendapatkan kuku yang sehat. Selain menjadi anti bakteri dan jamur yang efektif, bawang putih juga bisa menguatkan kuku. Sehingga kuku tidak mudah patah meskipun dalam keadaan panjang. Cara penggunaannya pun cukup sederhana; cukup tancapkan bawang putih ke ujung kuku berulang kali.

Kalau setelah itu anda malas mencium baunya, bisa juga disusul dengan membasuh kuku dengan air lemon atau air sabun.

Nah, mudah bukan? Anda tinggal pilih bahan mana yang tersedia di dapur anda dan mempraktekkannya sendiri.

Kuku sehat

This post has already been read 620 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>