Tanaman Obat Tradisional

tanaman obat tradisional

Tuhan telah memberikan berbagai kenikmatan bagi manusia. Nikmat yang Tuhan berikan tidak terkira banyak dan bahkan gratis. Bahkan dalam urusan menyembuhkan penyakit, ada banyak tumbuhan yang bisa digunakan. Tanaman obat tradisional merupakan salah satu karunia Tuhan untuk manusia. Sebelum adanya obat buatan pabrik seperti sekarang, tanaman obat tradisional sudah digunakan oleh nenek moyang kita untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan sekarang di tengah gencarnya obat-obatan pabrik yang ternyata sudah banyak dipalsukan, tanaman obat tradisional kembali dicari sebagai obat alternatif. Tanaman obat tradisional sekarang lebih dikenal dengan obat herbal.tanaman obat tradisional

Beberapa Jenis Tanaman Obat Tradisional

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dijadikan obat. Tanaman obat tradisional tersebut bisa ditanam dengan mudah di lingkungan sekitar rumah. Dengan begitu, jika ada anggota keluarga yang sakit bisa langsung diambilkan dari salah satu jenis tanaman obat tradisional kemudian diolah menjadi obat. Apa sajakah jenis tanaman obat tradisional tersebut?

Temulawak

Merupakan salah satu tanaman obat tradisional asli Indonesia. Penggunaan temulawak sebagai obat tradisional sudah dipraktekkan sejak jaman nenek moyang kita. Temulawak digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti diare, maag, sakit kuning, perut kembung, badan pegal-pegal dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kunyit

Tanaman obat tradisional ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan sekarang kunyit sudah digunakan dalam berbagai produk seperti kosmetik dan juga jamu. Manfaat kunyit adalah sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan penyakit gatal-gatal, kesemutan dan berbagai penyakit lainnya. Kunyit juga berfungsi sebagai zat pencegah tumor, kanker serta penyakit kolesterol.

Jahe

Jahe sekarang sudah diolah menjadi beberapa jenis dan salah satunya adalah minuman. Minuman jahe akan menghangatkan tubuh ketika musim penghujan tiba. Dari sifatnya yang menghangatkan, jahe berfungsi sebagai tanaman obat tradisional untuk menyembuhkan masuk angin. Selain itu jahe juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meredakan otot tubuh terkilir, serta menghambat oksidasi kolesterol.

Itulah beberapa tanaman obat tradisional yang bisa dengan mudah ditanam di pekarangan rumah kita. Selain itu masih banyak lagi tanaman obat tradisional yang bisa menjadi alternatif dalam mengobati penyakit seperti masuk angin, pegal-pegal dan penambah stamina. Selain memiliki khasiat sebagai bahan obat, tanaman obat tradisional juga bisa membuat suasana rumah menjadi sejuk jika ditanam di pekarangan rumah kita.

This post has already been read 748 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>