Buah Kapulaga

kapulaga-1

Kapulaga (Amomum cardamomum) adalah sejenis buah yang selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan campuran jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India (Elettaria cardamomum). Semula kapulaga ditemukan tumbuh secara alami di daerah Pegunungan Malabar, pantai barat India. Karena laku di pasar dunia, kapulaga kemudian banyak ditanam di Sri Lanka, Thailand, dan Guatemala. Di Indonesia tanaman ini mulai dibudidayakan sejak 1986.

Kapulaga beraroma sedap dan sangat khas karena kandungan minyak astiri yang tinggi. Bahkan karena aroma khasnya tersebut, orang Inggris menyebutnya ‘grains of paradise’. Minyak atsiri yang terkandung dalam kapulaga bukan hanya memberikan aroma yang khas, tapi juga seringkali dimanfaatkan dalam industri parfum dan obat-obatan.

Bijinya juga dapat digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan sakit perut, batuk, dan sebagai penguat tubuh setelah melahirkan. Masakan Indonesia yang menggunakan rempah ini seperti, gulai kambing, soto tangkar, chicken kuzi, nasi kebuli.

This post has already been read 102 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>