Buah Pala

Buah pala-1

Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Cita rasa yang dimiliki rempah komoditas dunia ini sedikit pedas, manis, dan memberi efek hangat pada tubuh.  Buahnya berbentuk lonjong kecil, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Bukan hanya digunakan sebagai bumbu masakan, pala juga berguna dalam industri obat-obatan karena buahnya dapat mengobati penyakit-penyakit seperti diare, muntah, dan mual.

Dalam dosis rendah, pala dapat digunakan untuk mengurangi flatulensi (kembung perut) dan meningkatkan daya cerna dan selera makan. Penggunaan rempah ini biasanya digunakan dalam masakan yang bersantan, seperti sop konro dan sop buntut. Tak hanya digunakan sebagai rempah masakan dan pengobatan. Rempah dengan aroma khas ini masih digunakan oleh ibu-ibu di desa untuk nyirih.

 

This post has already been read 1016 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>