Cengkeh Bumbu Dapur Popular yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

tanaman cengkih, cengkeh

Cengkeh salah satu jenis tanaman palawija yang dari dulu sampai sekarang masih banyak dicari oleh berbagai orang di dunia. Tanaman ini biasa disebut dengan cengkih. Nama Latin dari tanaman ini adalah Syzigium Aromaticum. Tanaman cengkih ini mempunyai banyak sekali manfaat selain sebagai bumbu dapur. Cengkih dapat dimanfaatkan juga untuk kesehatan, selain itu pula dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah Anda. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari tanaman berbunga kecil ini.

Cengkeh dapat dijadikan pengobatan alternatif bagi penderita penyakit pernapasan. Kandungan yang terdapat di dalam buah ini dapat membantu mengencerkan lendir yang berada di tenggorokan dan kerongkongan. Kebanyakan penyakit pernapasan disebabkan oleh adanya lendir yang ada di tenggorokan ataupun kerongkongan. Jika lendir itu diencerkan akan mengurangi infeksi pada pernapasan, salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman cengkih ini. Selain untuk meringankan penyakit infeksi pernafasan, tanaman ini juga dapat dijadikan obat untuk sakit gigi. Bagian tanaman bumbu ini yang dapat dijadikan obat sakit gigi adalah bunganya. Bunga dari Syzigium Aromaticum ini dikeringkan kemudian ditumbuk dan ditaburkan pada gigi yang sakit.

tanaman cengkih, cengkeh

Selain dimanfaatkan untuk mengobati penyakit, cengkeh juga bisa digunakan untuk merawat wajah Anda tepatnya untuk menghilangkan bekas jerawat. Bekas jerawat merupakan hal yang sangat mengganggu bagi wanita. Banyak wanita rela melakukan apapun untuk menghilangkan bekas jerawat ini. Salah satu cara tradisional untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan menggunakan cengkeh. Tanaman obat tradisional ini mengandung Euganol semacam anti September alami yang dapat menyeimbangkan kulit, dengan menggunakan cengkeh Anda bisa menghilangkan bekas jerawat dan juga jerawatnya.

Selain untuk merawat wajah dan mengobati penyakit, cengkeh juga digunakan sebagai pewangi yang alami. Aroma yang dihasilkan biji tanaman ini yang pedas dapat menghilangkan bau tidak sedap seperti apek pada baju anda. Untuk menjaga baju Anda tetap wangi dan terhindar dari jamur Anda bisa memanfaatkan batangnya. Letakkan batang tersebut di lemari pakaian Anda. Aroma baju Anda akan menjadi wangi dan terhindar jamur. Selain itu minyaknya juga dapat dijadikan sebagai anti bakteri dan jamur pada barang-barang Anda.

This post has already been read 812 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>