Daun Kari

Daun Kari-1

Daun kari adalah daun dari sejenis tumbuhan semak-semak yang berasal dari India. Bentuk daun ini menyerupai daun salam namun dengan warna lebih hijau dan permukaan yang lebih mengkilat. Rata-rata ukuran daun kari adalah panjang 2-4 cm dan lebar 1-2 cm. Daun kari hampir selalu digunakan dalam masakan-masakan India serta Asia Selatan lainnya. Hal ini dikarenakan aroma khasnya memperkuat cita rasa rempah yang banyak digunakan pada masakan Asia Selatan. Terlebih lagi dalam makanan berkuah yang mengandung santan.

Walaupun ada yang sudah dikeringkan, daun kari mengeluarkan aroma terbaik jika digunakan ketika masih segar. Di Indonesia daun kari bukan tanaman budi daya yang umum walaupun sebenarnya tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang merepotkan. Di Indonesia daun ini banyak digunakan untuk penambah cita rasa dalam berbagai masakan seperti, kari ayam, kari kambing, gulai, opor, nasi goreng bumbu kari, samosa, nasi Kebuli.

Manfaat Kesehatan:

Di India daun kari adalah salah satu bahan dari terapi pengobatan Ayuverdik. Tanaman ini dipercaya memiliki khasiat anti-diabetes, anti-oksidan, anti-microba, dan kaya zat besi. Selain itu daun ini juga mempunyai kualitas afrodisiak.

This post has already been read 1497 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>