Daun Kemangi

daun kemangi

Kemangi adalah tanaman beraroma yang termasuk dalam jenis ocimum dan berkerabat dekat dengan tanaman selasih (ocimun sancium), daun mint (mentha arvensis), daun jinten (coleus ambonicus), dan yang paling dekat, daun basil (ocimun amboinicus). Karena aromanya yang khas, tumbuhan dengan daun berwarna hijau ini seringkali digunakan sebagai rempah di aneka resep masakan Indonesia dan negara lainnya.

 

Pada resep masakan Indonesia, kemangi digunakan di berbagai jenis hidangan, contohnya  sebagai lalapan atau penambah cita rasa dan aroma pada makanan khas Betawi seperti laksa dan nasi ulam. Selain itu, kemangi juga banyak digunakan sebagai bumbu untuk masakan pepes khas Sunda ataupun masakan tumis. Sementara di Jawa Timur, daun kemangi digunakan sebagai bumbu pada masakan khasnya seperti, ikan bumbu pesmol, nasi krawu, botok, dan lainnya.

Manfaat kesehatan yang terkandung :

Kemangi mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh seperti provitamin A, mineral, kalsium, fosfor dan senyawa lainnya. Oleh karena itu, kemangi dapat mengatasi gangguan kesehatan seperti sakit kepala, demam, migrain, gangguan otot, gangguan saraf, serta gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan betakaroten dan magnesium, serta mineral lainnya berfungsi menjaga kesehatan jantung. Beberapa kandungan senyawa pada kemangi seperti senyawa arginine, anetol dan boron juga dapat membantu produksi hormon baik pada pria maupun perempuan. Aroma kemangi juga bermanfaat untuk menolak gigitan nyamuk.

 

This post has already been read 1596 times!

One comment to Daun Kemangi

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>