Daun Ketumbar

Daun Ketumbar

Daun ketumbar dikenal juga dengan nama Coriander atau Cilantro. Sama seperti bijinya, daun ketumbar memiliki aroma segar yang khas. Bentuknya seperti daun seledri dengan warna yang lebih terang dan batang yang tipis-tipis memanjang. Rasa daunnya sendiri cenderung asam dan sedikit pedas. Pada umumnya daun ketumbar dijual bersama batang dan akarnya. Setelah dibersihkan, akar dan batang dari daun ini dapat digunakan untuk memasak juga. Konon justru bagian ini yang menyimpan paling banyak rasa. Tanaman ini paling banyak dipakai pada masakan Asia dan Amerika Latin, sedangkan negara Eropa lebih banyak menggunakan bijinya.

 Seperti tanaman rempah pada umumnya, daun ketumbar kaya akan anti-oksidan. Ekstrak yang diambil dari daun ketumbar juga terbukti dapat digunakan sebagai anti-bakteri terhadap Salmonella Choleraesuis. Selain itu daun ketumbar dipercaya dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Kegunaan lain dari daun ketumbar adalah sebagai obat jerawat. Caranya adalah memblender daun ketumbar, mint, dan sedikit bubuk kunyit kemudian menggunakannya sebagai masker wajah.

This post has already been read 1664 times!

One comment to Daun Ketumbar

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>