Intip Ragam Rempah Indonesia Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Daun salam_1

Indonesia adalah negara penghasil rempah terbesar di dunia. Bahkan, rempah Indonesia pun beragam. Sebagian hasil Indonesia dikirim keluar negeri, maka tak heran karena rempah yang dihasilkan Indonesia begitu melimpah. Remah–rempah sudah banyak digunakan dari jaman nenek moyang kita.

Beberapa diantaranya memiliki manfaat bagi kesehatan mulai dari menjaga daya tahan tubuh hingga mengobati berbagai macam penyakit. Untuk itu, Anda dapat menyimak beberapa khasiat yang dimiliki oleh ragam rempah di Indonesia.

Ragam Rempah Indonesia Dan Manfaat Bagi Kesehatan

Kayu manis                            

Kayu manis adalah rempah Indonesia yang mampu menjaga sistem pencernaan karena mengandung zat antimikroba. Selain itu, kayu manis juga diyakini berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Namun ada hal yang tidak kalah menarik dari kayu manis, yaitu memiliki khasiat untuk melawan sel kanker maupun tumor.

rempah Indonesia, rempah asal indonesia

Cengkeh

Cengkeh sangat mudah di temukan di pasaran. Rempah Indonesia ini selain dapat dijadikan salah satu bumbu dapur, cengkeh memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga sistem pencernaan, mengobati sakit gigi dan gusi, serta mampu meningkatkan libido.

Cengkeh-1

Temulawak

Salah satu rempah Indonesia yang mudah dijumpai adalah temulawak. Temulawak memiliki berbagai khasiat seperti mengobati sakit maag, mengobati jerawat, mengobati diare dan kembung, serta menambah nafsu makan. Biasanya, temulawak sering dijumpai pada berbagai produk multivitamin anak yang gunanya untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Kunyit

Kunyit  merupakan rempah Indonesia yang sudah sering digunakan oleh nenek moyang kita. Kunyit banyak mengandung antioksidan dan dapat menghambat penyebaran sel tumor atau kanker. Selain itu, kunyit diyakini berkhasiat untuk meredakan gejala reumatik, tifus, diabetes, keputihan, serta meredakan nyeri haid pada wanita.

rempah Indonesia, rempah asal indonesia

Daun salam

Umumnya, daun salam digunakan sebagai bumbu penyedap masakan yang akan membuat masakan Anda lebih kaya rasa.  Namun tahukah Anda bahwa daun salam yang  juga merupakan rempah Indonesia ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati asam urat, mengobati diare dan maag, serta meredakan batuk.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang dimiliki berbagai rempah Indonesia.  Rempah – rempah dapat menjadi alternatif obat herbal tanpa efek samping yang ditimbulkan seperti obat – obatan kimia.

Berbagai macam rempah khas Indonesia ini juga mudah dijumpai di pasaran sehingga Anda tidak perlu susah payah mencarinya. Bagaimana? Informasi yang menarik bukan?  Ternyata rempah tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan, tetapi juga rempah – rempah memiliki manfaat bagi kesehatan.

This post has already been read 1025 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>