Jahe, Jenis Rempah yang Bagus untuk Dijadikan Minuman

Jahe, Jenis Rempah yang Bagus untuk Dijadikan Minuman

Jenis Rempah yang cocok dijadikan minuman adalah Jahe. Jahe selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, tak jarang Jahe juga sering dimanfaatkan dan dikonsumsi dalam bentuk minuman, salah satunya wedang jahe dan bandrek yang merupakan salah satu minuman yang berbahan dasar Jahe. Jahe yang memiliki rasa pedas biasanya digunakan sebagai minuman pencegah atau mengobati masuk angin.

Selain mencegah dan mengobati masuk angin, Jahe juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, memperlancar pencernaan, melancarkan perdaran darah, menangkal radikal bebas dan manfaat lainnya.

Wedang Jahe bisa Anda jumpai di angkringan-angkringan atau bahkan di resturant-restaurant. Selain itu, wedang Jahe juga kini bisa Anda temui dalam bentuk instan yang dibungkus dalam kemasan. Jika Anda ingin membuat wedang Jahe di rumah, Anda hanya membutuhkan Jahe dan Gula merah secukupnya tergantung selera Anda.

Jahe, Jenis Rempah yang Bagus untuk Dijadikan Minuman

Jahe yang sudah dibersihkan diparut kemudian diperas, hasil perasan tersebut kemudian dicampur dengan gula merah yang sudah dilarutkan, kemudian tambahkan air panas secukupnya, wedang Jahe siap dinikmati. Wedang Jahe ini bisa Anda nikmati saat sore hari atau pagi hari dan disajikan dengan penganan hangat lainnya seperti pisang goreng, tempe mendoan dan penganan lainnya.

Jahe yang merupakan jenis rempah yang cocok dijadikan minuman karena mengandung senyawa fenol yang terbukti memiliki manfaat anti radang dan juga diketahui bermanfaat untuk mengusir penyakit sendi juga ketegangan yang dialami otot. Selain fenol, Jahe juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu zingilberene dan shogol.

Senyawa tersebut diketahui dapat bermanfaat sebagai anti oksidan dan juga efektif melawan penyakit kanker maupun jantung. Selain itu, senyawa lain yang terdapat dalam jahe adalah minyak atsiri. Minyak ini bermanfaat untuk mereduksi rasa nyeri, sebagai anti inflamasi dan juga pembasmi bakteri yang baik. Sementara itu, sensasi pedas yang dihasilkan berasal dari zingiberen dan zingiberol yang juga dapat dijumpai dalam minyak atsiri.

Selain wedang jahe, bandrek juga merupakan jenis minuman sehat dan bermanfaat yang berbahan dasar Jahe. Jahe merupakan jenis rempah yang memiliki banyak manfaat, selain sebagai bumbu masakan, Jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman sehat pencegah masuk angin.

This post has already been read 1060 times!

Tags:  ,

One comment to Jahe, Jenis Rempah yang Bagus untuk Dijadikan Minuman

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>