Jangan Buang Dulu Kantong Teh Bekas Kamu!

Manfaat Daun Teh Untuk Kesehatan Anda

Selesai menyeduh teh, biasanya kantongnya akan langsung dibuang atau ditaruh di pot tanaman untuk dijadikan kompos. Padahal, kantong teh tersebut masih memiliki banyak manfaat besar untuk kesehatan kita! Berikut adalah di antaranya

Obat Ampuh Untuk Sariawan

Siapa yang sering sariawan? Sariawan bisa diobati dengan kantong teh bekas ternyata. Itu karena teh kaya akan kandungan asam tannic, yang merupakan zat astringent dan anti-inflamasi, sehingga mempercepat penyembuhan luka. Kompreskan kantung teh ke bagian sariawan. Lakukan secara teratur sampai sariawan pulih.

Menghentikan Pendarahan dan Meredakan Memar

Kandungan asam tannic (dan kafein) dalam kantong teh juga bisa masuk ke dalam luka kecil dan menyusutkan lubang kapiler dan luka yang terbuka, mengurangi pembengkakan dan memar, menutup luka iris, dan mengobati luka akibat pisau cukur serta meredakan pendarahan yang terjadi pada luka.

Menghilangkan Mata Panda

Lingkaran hitam di bawah mata itu adalah pembuluh darah, yang bisa terlihat karena kulit yang lain memucat, atau karena sirkulasi darah di bawah mata meningkat. Untuk menghilangkannya, jemur kering kantong tehnya, baringkan dan letakkan di atas kelopak mata selama beberapa menit.

Meredakan Sunburn

Kalau digunakan sebagai kompres dingin, kantong teh adalah benda yang cocok untuk menyembuhkan luka sengatan matahari. Peras kantong teh, lalu usap dengan lembut dan pelan di bagian sunburn terparah.

Menghilangkan Kapalan

Gunakanlah kantong teh untuk menyerap kelebihan cairan dari luka lecet yang terbentuk karena kapalan atau kulit mengelupas akibat aktivitas, sekaligus juga mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan kulit rusak sehingga kulit akan jadi lebih kuat.

 

This post has already been read 434 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>