Kuma-kuma (saffron)

kuma-kuma

Kuma-kuma atau yang lebih dikenal dengan saffron merupakan rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Sama seperti kunyit, saffron juga mampu menghasilkan warna kuning yang pekat dan cerah pada masakan karena mengandung crocin (salah satu bahan pewarna karotenoid). Meskipun begitu, rasanya sedikit pahit.

 Bumbu masak ini harganya cukup mahal dibanding dengan bumbu masak lainnya. Satu pon (450 gram) saffron kering berasal dari 50.000 – 75. 000 kuntum bunga. Saffron yang segar warnanya merah terang, elastis, tidak mudah hancur, dan sedikit lembap.

Saffron berkhasiat sebagai pencegah kanker karena memiliki sifat antikarsinogenik. Tidak hanya itu, saffron juga memiliki sifat lain yaitu anti-mutagenik, immunomodulasi, dan antioksidan. Teh hangat yang diberi campuran saffron dapat mengurangi gejala depresi.

This post has already been read 991 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>