Kunyit dan Manfaatnya untuk Kesehatan

3. Kunyit dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Buat Anda yang hobi masak, pasti sudah tahu rampah-rempah satu ini. Yah, kunyit salah satu bumbu masakan untuk penambah rasa menu masakan Anda.

Kunyit merupakan jenis tanaman rempah yang mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman yang satu ini sudah dikenal lama akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan.

Cek di bawah ini ya untuk manfaatnya.

Menghambat Diabetes

Salah satu peran kunyit terhadap diabetes adalah mengatur insulin. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

Mengurangi lemak

Diabetes sering disertai dengan kenaikan berat badan. Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

Mengurangi Resiko Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada otak. Menurut hasil penelitian, orang yang rajin mengonsumsi kunyit memiliki resiko lebih kecil terkena Alzheimer.  Hal tersebut dikarenakan orang yang rajin mengonsumsi kunyit otaknya lebih terlindungi dari radang otak.

kunyit, kesehatan, manfaat kunyit, rempah kunyit, rempah-rempah

Mencegah Nyeri Sendi

Suplemen dari ekstrak kunyit ternyata bisa berfungsi layaknya ibuprofen yang biasa digunakan sebagai obat oleh pasien dengan penyakit osteoartritis lutut.

Mengobati Tifus dan Radang Lambung

Kandungan kunyit yang kaya akan zat bermanfaat termasuk mengatasi luka pada lambung serta mengobati penyakit tifus. Caranya yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. kemudian haluskan semua bahan dengan di tumbuk. Selanjutnya beri air sebanyak 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan minum secara rutin setiap hari sekali selama seminggu.

Mencegah Kanker

Meskipun penelitian pada manusia masih belum berkembang, penelitian di laboratorium dan penelitian pada hewan telah memperlihatkan efek-efek positif kurkumin dalam upaya pencegahan kanker. Menurut American Cancer Society, kurkumin bisa menghambat perkembangan dan penyebaran kanker. Bahkan kurkumin juga bisa membunuh sel-sel kanker dalam penelitian di laboratorium, mengecilkan tumor, dan meningkatkan efek kemoterapi pada hewan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Tapi ada baiknya, jika Anda ingin mengonsumsi ekstrak kunyit untuk suplemen, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Kondisi tubuh dan riwayat kesehatan Anda bisa jadi menentukan aman tidaknya Anda mengonsumsi suplemen tertentu.

kunyit, kesehatan, manfaat kunyit, rempah kunyit, rempah-rempah

This post has already been read 762 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>