Kunyit

Kunyit-1

(Curcuma domestica) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Bumbu yang juga dikenal dengan sebutan kunir ini memiliki cita rasa agak pahit, sedikit pedas, berbau khas, dan bersifat sejuk. Rempah yang identik dengan warna kuning ini popular dipakai untuk masakan-masakan Indonesia dan wilayah Asia lainnya. Di Indonesia , kunyit sering digunakan sebagai bumbu pada makanan jenis gulai.

Karena warnanya, kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan. Selain untuk bumbu dapur, kunyit juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Karena mengandung kurkumin dan minyak atsiri, kunyit efektif mengobati penyakit hepatitis, gangguan pencernaan, antimikroba, antikolesterol, anti-HIV, serta menghambat pertumbuhan tumor payudara dan usus besar.

Kunyit juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan dan mencegah rematik, mengobati diabetes melitus, tifus, disentri, dan keputihan, melancarkan haid,  serta meredam rasa mulas saat haid. Untuk ibu hamil, kunyit bisa melancarkan persalinan dan memperbanyak ASI.

This post has already been read 2094 times!

2 comments to Kunyit

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>