Manfaat Cengkeh Sebagai Alternatif Pengganti Obat Kimia

cengkeh, manfaat cengkeh,

Cengkeh adalah salah satu komoditi ekspor terbesar dari Indonesia.  Namun, tahukah Anda bahwa selain sebagai salah satu pelengkap dalam masakan, cengkeh juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.  Manfaat bahan makanan yang satu ini sudah tidak dapat diragukan lagi.  Banyak penelitian membuktikan mengenai khasiat cengkeh untuk memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh.

Sejak jaman dahulu, cengkeh digunakan sebagai salah satu obat tradisional.  Hingga saat ini, masih banyak masyarakat menggunakan cengkeh sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional selain menggunakan obat-obatan kimia yang memiliki dampak kesehatan bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.  Bahkan, beberapa penyakit kronis dapat dikurangi gejalanya dengan menggunakan cengkeh.  Untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat cengkeh, berikut ulasan mengenai beberapa manfaat cengkeh.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan:

  • Anti jamur dan bakteri

Manfaat cengkeh sebagai bahan makanan yang pertama adalah sebagai anti jamur serta bakteri.  Cengkeh efektif untuk melawan bakteri yang disebabkan kuman dari mulut serta bakteri yang menyerang bagian perut.  Selain itu, kandungan eugenol yang merupakan anti jamur dapat menangkal penyakit kulit yang disebabkan cacing cincin.

  • Menjaga jantung

Manfaat cengkeh sebagai bahan makanan yang kedua adalah menjaga kesehatan jantung.  Cengkeh memiliki kandungan eugenol yang dapat digunakan untuk mencegah stroke serta pembekuan pada darah.

  • Kandungan Analgesik

Manfaat cengkeh sebagai bahan makanan yang ketiga adalah memiliki kandungan analgesik yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi maupun sakit pada gusi.  Biasanya, untuk mengobati sakit gigi dan gusi Anda dapat menggunakan minyak cengkeh.

cengkeh, manfaat cengkeh,

  • Menjaga saluran cerna

Manfaat cengkeh sebagai bahan makanan yang keempat adalah untuk menjaga saluran cerna.  Cengkeh memiliki khasiat untuk meredakan kembung dan mual.  Selain itu cengkeh dapat mengobati gangguan pencernaan.  Tidak hanya itu, cengkeh juga ampuh untuk mengobati bisul.

  • Meningkatkan libido

Tahukah Anda mengenai manfaat cengkeh yang tidak banyak diketahui orang, yaitu mampu meningkatkan libido.  Cengkeh diyakini memiliki sebuah zat yang mampu meningkatkan libido untuk seksualitas seseorang serta membantu mengurangi ejakulasi dini yang dapat mengganggu kegiatan seks seseorang.

Itulah beberapa manfaat bahan makanan cengkeh yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.  Tidak ada salahnya bila Anda menggunakan beberapa manfaat cengkeh diatas sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional.  Karena sifatnya yang alami atau herbal, maka tidak akan memiliki efek samping jangka panjang seperti penggunaan obat-obatan kimia. Ada baiknya bila kita memanfaatkan alam dengan maksimal. Semoga informasi mengenai manfaat cengkeh bagi kesehatan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

This post has already been read 796 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>