Manfaat Daun Mint Tak Cuma Segarkan Napas

daun mint

Selama ini, manfaat daun mint yang dikenal luas di masyarakat kebanyakan adalah sebagai penyegar napas dan perisa makanan. Daun yang rasanya semriwing ini lebih banyak dikenal sebagai pemberi aroma. Tidak lebih. Padahal sebenarnya, tanaman yang bentuknya mirip perdu ini punya segudang manfaat lain untuk kesehatan pengkonsumsinya. Berikut beberapa di antaranya,

Pereda Masalah Pencernaan

Daun mint dapat memperlancar system pencernaan dan meringankan kejang atau kram dibagian perut. Hal tersebut karena efek anestesia dalam daun mint ampuh meringankan rasa sakit pada perut. Selain itu, bila dikonsumsi secara langsung, daun mint juga ampuh menghilangkan rasa mual karena sakit perut atau perut kembung.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Manfaat daun mint ditunjang oleh kandungan mentolnya. Zat iniĀ adalah bahan umum yang digunakan dalam obat flu yang banyak dijual dipasaran. Aroma mentol ampuh membuka saluran pernapasan yang terganggu seperti hidung tersumbat, karena mengandung anti-inflamasi. Selain itu, daun mint juga amat bermanfaat untuk para penderita asma karena mampu melonggarkan kontraksi bronkus yang membantu melancarkan saluran pernapasan yang terseumbat.

Membunuh Bakteri

Daun mint memiliki sifat anti bakteri yang menjadikannya obat yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri. Anda cukup berkumur dengan air rendaman daun mint dan napas anda pun bisa segar dan orang tidak akan mengernyitkan wajah tiap kali anda membuka mulut di dekat mereka.

Nah, jadi tidak hanya untuk menyegarkan napas, manfaat daun mint juga ternyata banyak di dalam dunia medis.

This post has already been read 554 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>