Musim Hujan? Cobalah Memasak dengan Bumbu dan Rempah Ini!

manfaat rempah dan bumbu

Musim hujan seperti ini alangkah seringnya merasa lapar. Perasaan lapar yang dirasakan anggota keluarga tentunya menuntut ibu untuk selalu siap sedia menciptakan berbagai menu masakan atau camilan yang pas disajikan. Bumbu dan rempah tentunya memiliki manfaat yang besar untuk setiap menu yang disajikan. Manfaat rempah dan bumbu untuk masakan umumnya untuk dijadikan penyedap rasa masakan dan diakui dapat mengurangi gangguan pencernaan serta menghilangkan sakit kembung.

Sebenarnya menu di musim hujan adalah sesuatu yang relatif artinya setiap orang memiliki menu masakan favoritnya ketika musim hujan sedang berlangsung. Meskipun begitu, umumny setiap orang menyukai makanan yang hangat ketika merasakan dingin di musim hujan. Ada beberapa manfaat rempah dan bumbu yang terkandung di setiap masakan, termasuk menu masakan yang disajikan ketika musim hujan. Manfaat-manfaat tersebut tentunya bukan manfaat biasa untuk tubuh.

Ibu sendiri tentu sudah mengetahui dewasa ini obat-obat dari tumbuhan tradisional lah yang banyak dicari orang dan diakui ‘kemanjurannya’, dan tumbuhan-tumbuhan tersebut salah satunya adalah tumbuhan untuk kategori bumbu dan rempah. Lalu apa sajakah manfaat bumbu dan rempah yang biasa terdapat pada menu sajian di musim hujan itu? Yuk kita tengok beberapa diantaranya.

  1. Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu jenis bumbu yang biasa digunakan pada kebanyakan masakan. Daun salam ini ternyata bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi, obat flu, dan memperlancar pencernaan.

  1. Daun Kemangi

Daun yang biasa digunakan untuk lalap ini ternyata bermanfaat untuk membantu proses pencernaan, mengurangi kram perut, dan sembelit.

  1. Cabe Rawit

Si kecil pedas ini meskipun memiliki rasa yang sangat pedas ternyata bermanfaat untuk meredakan peradangan, kram, sakit perut, dan membantu melancarkan pencernaan.

  1. Kapulaga Hitam

Jenis rempah-rempah satu ini dinilai mengandung anti-inflammatory yang dipercaya dapat mencegah peradangan, dapat mengurangi gangguan pencernaan, dan mengatasi perut kembung.

  1. Jinten

Rempah-rempah ini dipercaya dapat membantu segala hal terkait gangguan pencernaan, masalah kulit, kejang otot, anemia, serta insomnia.

manfaat rempah dan bumbu

  1. Cengkeh

Bumbu dapur ini ternyata dipercaya bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan, diare, hernia, penyakit kurap, dan sakit gigi.

  1. Kayu Putih

Rempah-rempah ini terbukti bisa mengobati diare, perut yang bermasalah, muntah-muntah, serta sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Ketumbar

Rempah-rempah ini dipercaya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, sakit perut, serta mulas-mulas pada perut.

  1. Kunyit

Bumbu dapur ini dipercaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, menjaga kesehatan kadar kolesterol tubuh, mengobati penyakit liver dan kantong empedu, serta sebagai anti peradangan.

  1. Oregano

Rempah-rempah yang satu ini memang terdengar asing tetapi ternyata bermanfaat untuk antiseptik dan mengobati gangguan pernapasan serta pencernaan.

Nah, itulah tadi manfaat rempah dan bumbu yang baik untuk kesehatan. Rempah dan bumbu tersebut sangat cocok dipadukan dengan masakan sesuai menu ibu ketika tengah musim hujan. Selain Ibu menyajikan masakan yang enak dan lezat, secara tidak langsung ibu juga mencoba untuk menjaga kesehatan keluarga dengan memadukan rempah dan bumbu yang memiliki banyak manfaat tersebut.

Sudahkah ibu siap untuk memasak? Menu apa yang akan ibu masak di musim hujan ini? Jangan lupa sertakan rempah dan bumbu yang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh ibu serta keluarga ya. Selamat memasak!

This post has already been read 1179 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>