Stevia, Pemanis Alami Pengganti Gula

stevia1

Gula stevia merupakan hasil ekstrak dari tanaman semak berukuran kecil yang tumbuh di daerah Amerika Selatan, terutama di Brazil dan Paraguay bernama Stevia rebaudiana Bertoni dan dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis natural sweetener atau pemanis alami.

Di Asia, gula stevia telah digunakan untuk diet anak berkebutuhan khusus di banyak negara seperti Cina, Malaysia, Singapore, Korea Selatan, Taiwan, dan Thailand. Selain berguna untuk diet anak autis, penggunaan stevia pengganti gula sebagai bahan tambahan pangan pun sudah diakui di Brazil, Korea, dan Jepang. Beberapa contoh makanan yang menggunakan gula stevia sebagai pemanis antara lain minuman, permen, permen karet, yogurt, es krim, odol, kecap, dan makanan laut yang dikeringkan. Penggunaan stevia sebagai pengganti alami gula dapat menjadi pilihan bagi anak berkebutuhan khusus dan mereka yang memerlukan diet gula.

stevia2

Daun stevia mengandung senyawa-senyawa yang memiliki rasa sangat manis, seperti stevioside dan rebaudioside. Kemanisannya sangat tinggi, bahkan hingga mencapai 200-300 kali lipat gula pasir. Rasa daun stevia yang manis ini menyebabkan tanaman stevia dikenal dengan banyak nama lain seperti honey leaf, sweet leaf of Paraguay, sweet leaf, sweet herb, candy leaf, dan honey yerba.

Ekstrak tanaman stevia juga diyakini bermanfaat untuk membantu pengaturan kadar gula darah. Bahkan, di Amerika Selatan, ekstrak tanaman ini sudah lama digunakan untuk penderita diabetes. Terdapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun stevia dapat membantu menghambat kenaikan kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes dan saat uji toleransi glukosa pada orang sehat.

Penelitian lain menunjukkan manfaat senyawa stevioside yang diekstrak dari tanaman stevia dalam pengaturan tekanan darah. Diketahui bahwa konsumsi stevioside dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Namun, masih dibutuhkan uji lebih lanjut untuk mempelajari manfaat dari ekstrak tanaman stevia ini dalam hal pengaturan kadar gula darah dan tekanan darah.

Sampai saat ini produk pemanis stevia masih sangat minim di Indonesia. Mari berharap saja banyak produsen pemanis yang berminat dengan prospeknya.

stevia3

This post has already been read 438 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>