Turunkan Kolesterol dengan si ‘Sampah’ – Wedang Uwuh

Sudah pernah mencoba minuman dari berbagai jenis rempah bernama wedang uwuh? Sebenarnya nama dari minuman ini berasal dari bahasa jawa yang artinya minuman (wedang) “sampah” (uwuh) karena berbagai dedaunan yang ada didalamnya sekilas menyerupai sampah.

 minuman rempah, wedang uwuh

Rasanya manis pedas. Bahan jahe yang terkandung pada minuman dari rempah ini memberikan rasa pedas. Sedangkan warnanya yang merah berasal dari secang. Minuman ini mengandung berbagai jenis rempah seperti rimpang jahe, serutan wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkeh, daun pala, batang sereh dan daun jeruk. Ada pula yang ditambahkan dengan gula batu atau gula merah.

Minuman rempah ini berasal dari Bantul, Yogyakarta. Wedang uwuh berkhasiat untuk menurunkan kolesterol serta melancarkan aliran darah. Jahe yang terkandung didalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol karena dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Bahkan penelitian dari Jepang mengatakan kalau jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju aliran darah prifer (aliran darah tepi).

Gak perlu ke Yogyakarta dulu untuk mencoba wedang uwuh karena sudah banyak dijual dalam bentuk sachet di supermarket atau kios yang menjual bahan jamu. Gak nyangka, sampah yang ini justru bikin sehat. :)

This post has already been read 1319 times!

One comment to Turunkan Kolesterol dengan si ‘Sampah’ – Wedang Uwuh

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>