Bunga Kecombrang

Bunga Kecombrang-1

Bunga honje atau kecombrang sebenarnya merupakan tanaman liar. Ukurannya cukup besar, berwarna merah pucat. Citarasanya sangat segar dan unik, ketika digigit akan mengeluarkan aroma harum. Di Tanah Aceh, Bunga dengan aroma khas ini menjadi bumbu yang wajib ada di masakan tertentu. Terpuk, nama itulah yang tersemat pada bunga ini di datah Aceh.

Yang digunakan sebagai bumbu masakan adalah kuntum bunganya yang biasa disantap mentah sebagai pendamping sambal. Uniknya, batang semu honje dapat dimanfaatkan menjadi sabun. Jika digosokkan ke badan, akan mengeluarkan busa yang harum. 

Kecombrang banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan antioksidan tertinggi, ada pada daun tanaman yang disebut siantan. Khasiat dari bunga ini adalah menghilangkan bau badan, membersihkan darah, memperbanyak ASI.

 

This post has already been read 88 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>