5 Manfaat Serai untuk Obat Herbal (Bagian 2)

Masih ada lagi nih manfaat serai sebagai obat yang alami. Oke, langsung saja ya dilanjut pembahasannya tentang manfaat serai untuk kesehatan tubuh. Kealamiannya menyehatkan.

manfaat serai

  • Meredakan nyeri haid

Kabar baik bagi wanita, selain untuk menghilangkan jerawat, manfaat serai juga untuk meredakan nyeri haid dan menghilangkan rasa mual.

  • Pencegah kanker

Tidak hanya untuk penyakit yang tidak terlalu berbahaya, manfaat serai bahkan bisa untuk mencegah penyakit kanker. Penelitian mengatakan, 100 gr serai mengandung zat antioksidan untuk mencegah penyakit kanker. Di dalam kandungan serai terdapat senyawa yang mampu mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

  • Obat alami untuk sakit gigi

Bagi penderita nyeri sendi, nyeri otot dan sakit gigi, bisa diobati dengan manfaat serai sebagai analgesik. Jadi pilih mana, obat modern atau yang alami?

  • Obat batuk

Salah satu resep sederhana dalam pemanfaatan serai adalah dengan merebusnya untuk mengatasi gejala batuk. 5 gram akar serai dicuci kemudian direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Disarankan meminumnya dua kali sehari, masing-masing se per dua gelas pagi dan sore.

  • Menguatkan fungsi sistem saraf

Manfaat serai juga bisa untuk menguatkan dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Melalui minyak serai, efek yang dihasilkan adalah melemaskan otot, menghangatkan bahkan mampu meredakan kejang-kejang.

Sumber hasbihtc

This post has already been read 901 times!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>