Herbal Plants: Berbagai Tanaman Herbal dan Khasiatnya

herbal plants kunyit

Kekayaan Indonesia

Herbal plants saat ini merupakan alternatif pengobatan yang banyak dipilih selain karena terjangkaunya harga, obat herbal juga dijamin keamanannya karena tanpa efek samping. Karena obat herbal ini berasal dari tanaman herbal, maka menanam herbal plants pun sekarang banyak dilakukan.

Di Indonesia herbal plants sangat mudah ditemukan dan tentu saja akan tumbuh bila ditanam. Tanaman yang biasa disebut tanaman obat karena kegunaan serta kandungan zat aktifnya ini akan bemanfaat untuk mereka yang rajin mengkonsumsinya.

Warisan

Herbal plants di Indonesia bisa disebut sebagai warisan. Zaman dulu tanaman ini telah banyak digunakan sebagai obat. Sehingga, pada penelitian sekarang yang merupakan penelitian lanjutan, herbal plants ini diketahui berbagai macam kandungan zat serta khasiat lainnya.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali herbal plants ini. Beberapa diantaranya adalah yang paling mudah kita temukan dan kita tanam. Seperti kunyit, merupakan tanaman semak yang bersifat tahunan serta tersebar di seluruh negeri ini. Tanaman ini selain bisa kita tanam sendiri, biasanya juga tumbuh liar di bekas kebun. Khasiat kunyit yang menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal serta menyembuhkan kesemutan ini menjadikannya sebagai salah satu bahan baku untuk industri jamu dan kosmetik serta bumbu masak. Rimpang tanaman ini sendiri bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, anti tumor, pencegah penyakit kanker, mampu menurunkan kadar kolesterol dan lemak. Serta sebagai pembersih darah.

Temulawak, tanaman ini merupakan herbal plants asli Indonesia. Jaman dahulu, temulawak digunakan sebagai obat untuk sakit kuning, diare, magh, perut kembung serta pegal linu. Sekarang ini, temulawak juga dimanfaatkan sebagai penurun lemak darah, pencegah penggumpalan darah, anti oksidan, serta sebagai imun tubuh.

Jahe, tanaman yang satu ini sangat enak untuk dijadikan bumbu masakan. Manfaatnya sebagai antioksidan yang berasal dari kandungan oleoresinnya, menjadikannya berguna sebagai kompenen bioaktif antipenuaan. Komponen ini mampu melindungi lemak atau membran dari oksidasi serta mampu menghambat oksidasi kolesterol.

Ada juga kumis kucing, tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari wilayah tropis di Afrika. Daun kumis kucing baik basah maupun kering mempunyai manfaat sebagai tanaman herbal. Daunnya ini bermanfaat untuk memperlancar pengeluaran air kemih, mengobati rematik, obat encok, masuk angin, serta sembelit. Hebatnya, daun kumis kucing ini bermanfaat untuk pengobatan radang ginjal, kencing manis, albuminuria serta syphilis.

This post has already been read 543 times!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>