Ketumbar Bisa Dimanfaatkan Jadi Obat

 

Selain sebagai penyedap rasa yang alami untuk sayur dan bahan masakan lainnya, ketumbar juga bisa dimanfaatkan jadi obat lho. Ketumbar manfaatnya gak cuma mengobati dari dalam tapi juga dari luar. Bagaimana mengolahnya?

ketumbar manfaat

Rebus ketumbar yang ditambahkan dengan kayu manis, kumis kucing dan gua merah. Ini bermanfaat untuk mengobati batuk. Kalau untuk mengobati flu, ketumbar, jahe, bawang putih dan madu direbus secara bersamaan. Air rebusan disaring dan minum secara rutin agar terasa manfaatnya.

Kalau untuk obat luar, haluskan ketumbar, campur dengan air, katuk, bawang merah dan buah pinang. Cara ini bermanfaat dalam mengobati perut kembung. Bahkan ketumbar juga bisa untuk mendatangkan haid. Caranya, 10 biji ketumbar, 1 jari buah pala, 1 jari kunyit, 3 cengkeh, 20 lembar daun srigading dan 10 biji jintan hitam direbus dengan 2 gelas air. Setelah dingin, disaring hingga ukurannya 1 gelas. Rasakan manfaatnya dengan meminumnya sebanyak dua kali sehari selama satu minggu.

Ketahui juga manfaat dari daun ketumbar yang juga bisa dijadikan ramuan obat.

Sumber inicaraku.

This post has already been read 2191 times!

2 comments to Ketumbar Bisa Dimanfaatkan Jadi Obat

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>