Manfaat Asparagus dan Cara Memasaknya

Jenis tumbuhan Asparagus sejak dulu sudah dijadikan bahan makanan karena memiliki rasa yang sedap serta sifatnya diuretik. Asparagus banyak di tanam di benua Amerika, bagian Amerika Utara. Di sana banyak sumber Asparagus hingga bisa mensuply daerah lainnya seperti Sacramento, Lembah California, New Jersey dan Illinois.

Memasak asparagus tidak susah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Semua tergantung cara pengolahannya. Tumbuhan asparagus ini bukan sekedar enak tapi juga ada manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan

1. Asparagus dapat memparbaiki fungsi ginjal karena saluran kencing mejadi lancar.

2. Asparagus baik dikonsumsi dengan orang yang kadar kolesterolnya sedang tinggi karena asparagus rendah kalori, rendah kolestrol, rendah lemak, mengandung natrium yang sedikit.

3. Asparagus bagus untuk ibu hamil karena merupakan sumber asam folat terbaik dari golongan nabati.

4. Asparagus baik untuk kesehatan kulit dan untuk peremajaan kulit. Asparagus banyak mengandung vitamin A, D dan E. Kandungan kalsium dan pottasiumnya juga sangat baik.

5. Asparagus cocok untuk dijadikan menu orang yang sedang diet karena rendah kalori dan kaya akan kandungan fiber. Bisa melancarkan buang air besar dengan memakan semangkuk asparagus. Selain itu juga semangkuk asparagus bisa mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

6. Kandungan asparagus tersebut juga bisa menyembuhkan jerawat, meningkatkan vitalitas pria, merangsang ginjal untuk membersihkan kotoran yang ada dalam tubuh, menyehatkan gigi dan mulut dan melancarkan saluran pencernaan serta pembuangan.

Manfaat asparagus untuk kesehatan memang sangat banyak. Wajar kalau orang mencari dan mulai belajar untuk terbiasa makan asparagus sebagai menu sehari-hari.

Cara Memasak Asparagus

Bagian yang diambil atau dimasak dalam sayuran asparagus ini adalah bagian rebungnya. Bagian yang berwarna putih ini masih lunak dan berukuran besar. Asparagus ini terkadang dihidangkan dalam bentuk makanan kaleng yang dapat diolah menjadi berbagai makanan.

Walaupun jenis tumbuhan ini di Indonesia sendiri belum terlalu mudah ditemukan di pasar tradisional, namun karena manfaat tumbuhan asparagus yang cukup banyak maka tanaman ini cukup potensial jika dibudidayakan sehingga menjadi peluang usaha dalam bidang pertanian. Peluang usahanya lumayan baik karena semakin hari semakin banyak orang yang berkebutuhan dengan tumbuhan asparagus.

Cara memasak asparagus harus diperhatikan agar kandungan gizinya tidak hilang. Anda bisa rebus lebih dahulu kira-kira 4-5 menit, setelah itu angkat dan masukan kedalam wadah berisi air dingin. Kemudian Anda bisa memasak asparagus menjadi kimlo, tumis, asparagus lilit beef atau sup. Tidak perlu terlalu lama merebus atau melakukan proses pematangan karena asparagus mudah empuk.

Asparagus Tumis Ayam Bombay

menggiurkan ya :)

cara memasak asparagus

image: pinterest

Baca Juga:

Kunyit Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Wanita

Cara Pembuatan Micin atau Vetsin Melalui Fermentasi

Manfaat Kecambah Bisa Untuk Meningkatkan Kesuburan Lho!

This post has already been read 1041 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>