Manfaat dan Kandungan Madu Yang Baik Bagi Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Madu Yang Baik Bagi Kesehatan

Madu banyak mengandung zat seperti protein, asam amino, karbohidrat, vitamin, mineral serta zat-zat lain yang bermanfaat seperti kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi. Madu dapat menurunkan tekanan darah dan melancarkannya karena mengandung senyawa asetikolin. Selain itu, madu juga banyak mengandung antibiotik dan berbagai asam organik seperti asam malat, sitrat, laktat, dan oksalat. Berikut ini analisa kandungan madu secara umum yang dikutip dari wikipedia.

Namun Jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang seperti sekarang, madu telah disebutkan di dalam kitab suci Al-Qur’an sebagai suplemen dan obat yang luar biasa bagi umat manusia:

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl: 69).

Dari ayat di atas tertulis, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Oleh karena itu tak perlu diragukan lagi bahwa madu sebagi obat, tidaklah bohong, bahkan sebelum ilmu kedokteran menemukan khasiat madu, Al Qur’an telah menyatakan sebelumnya kandungan dan nutrisi yang terdapat dalam madu

  1. Fruktosa: 38.2%
  2. Glukosa: 31.3%
  3. Maltosa: 7.1%
  4. Sukrosa: 1.3%
  5. Air: 17.2%
  6. Gula paling tinggi: 1.5%
  7. Abu (analisis kimia):0.2%
  8. Lain-lain: 3.2%

Manfaat dan Khasiat Madu

Madu memang banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sejak dulu. Jadi tidak heran jika madu murni banyak dicari hingga kini. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk kesehatan.

  1. Mengobati luka bakar.
  2. Pengobatan sakit tenggorokan dan batuk
  3. Memperkuat janin lemah didalam kandungan.
  4. Membantu meningkatkan perkembangan sel otak pada balita.
  5. Meningkatkan nafsu makan
  6. Dapat menurunkan kadar gula untuk penderita diabetes
  7. Mencegah maag, radang usus, dan infeksi lambung
  8. Menghancurkan batu ginjal batu kandung kemih
  9. Menghilangkan nyeri sakit gigi
  10. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

This post has already been read 1157 times!

One comment to Manfaat dan Kandungan Madu Yang Baik Bagi Kesehatan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>