Manfaat Tanaman Jarak

Manfaat tanaman jarak sangatlah banyak untuk kesehatan kita. Saya banyak diberitahukan oleh nenek dan mama saya jadi saya sangat maklum kalau melihat tanaman jarak sangat merajalela dirumah mereka. Begitu juga halnya saya, saya juga memilih tanaman jarak karena memiliki manfaat yang sangat banyak.

Dari tanaman jarak ada beberapa bagian yang bisa kita manfaatkan. Bisa dibilang semua bagian dari tanaman jarak memiliki manfaatnya masing-masing.

Daun Jarak

Manfaat daun jarak bisa menyembuhkan perut sembelit dan perut kembung pada bayi dan anak. Daun Jarak mengandung sitosterol, stigmasterol, kaemfesterol, amirin dan teraksol. Sangat mudah untuk dipakaikan ke anak yang sedang kembung.

manfaat daun jarak

Caranya, garang daun jarak, biarkan uap panas membuat daun jarak layu dan mengeluarkan cairan atau minyak. Setelah itu oles dengan minyak telon dan tempelkan pada perut anak. Untuk anak bayi bisa menggunakan gurita agar tidak jatuh dan tetap menempel diperut.

Getah Jarak

Manfaat getah jarak bisa untuk gusi radang atau sariawan. Getah jarak mengandung flavanoid dan saponin serta jatrophie yang bersifat antijamur. Cikup teteskan getah persis di tempat yang sariawan dan ini bisa cepat menyembuhkan luka karena sariawan tersebut.

Mudah penggunaannya dan banyak manfaat tanaman jarak ini. Jadi kalau bisa tanam dirumah Anda.

Baca Juga:

Ternyata Daun Oregano Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Buah Melinjo

Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat Tradisional Kanker

Kayu Manis

Buah Kapulaga

This post has already been read 1961 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>