Mengenal Herbal Plants dan Khasiatnya

Mengenal-Herbal-Plants-dan-Khasiatnya

Herbal plants atau Tumbuhan herbal sangat mudah dijumpai di Indonesia yang beriklim tropis. Beragam kegunaan herbal plants sudah dikenali oleh manusia sejak lama. Artikel ini akan mengupas tentang tumbuh-tumbuhan herbal beserta khasiatnya.

Kunyit
Tanaman semak yang bersifat tahunan yang habitatnya tersebar di seluruh area tropis. Tumbuhan herbal ini tumbuh subur secara liar di daerah bekas perkebunan. Kunyit sebagai herbal plants jamu berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, dan menghilangkan gatal serta mengobati kesemutan. Di samping itu, kunyit juga memiliki khasiat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, penurun lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.

herbal plants
gambar: sharingdisini.com

Temulawak
Herbal plants ini berasal dari Indonesia, banyak dijumpai tumbuh di pulau Jawa, Kalimantan, dan Maluku. Temulawak digunakan secara turun temurun sebagai obat sakit kuning, diare, maag, perut kembung, dan pegal-pegal. Khasiat lainnya dari temulawak adalah sebagai penurun lemak darah, mencegah penggumpalan darah, dan memelihara kekebalan tubuh.

Sambiloto
Berasal dari tanah India dan Srilanka, tapi juga dapat dijumpai di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan beberapa tempat di benua Amerika. Daunnya memiliki senyawa yang bersifat hepatoprotektif, yakni melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Sambiloto juga bermanfaat dalam menekan pertumbuhan sel kanker. Sambiloto sebagai herbal plants banyak digunakan di medis.

Jahe
Tumbuhan umbi-umbian ini mengandung senyawa gingerol yang memiliki sifat antioksidan. Dengan sifat ini jahe digunakan sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Komponen bioaktif tersebut berfungsi melindungi membran/lemak dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol dan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, jahe juga memiliki manfaat mengobati masuk angin, sakit kepala dan migrain, mencegah mabuk perjalanan, serta mengobati anggota tubuh yang terkilir.

Buah alpukat
Alpukat sangat kaya akan kandungan vitamin A, karoten, dan mineral kalium juga termasuk herbal plants. Buah ini berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penderita diabetes dianjurkan mengkonsumsi buah ini. Di samping itu, alpukat juga digunakan sebagai alat kecantikan, misalnya mengatasi pecah-pecah pada kulit tumit, dan juga kulit kering. Mata lelah dan sembab juga bisa diatasi dengan memanfaatkan buah alpukat yang telah diiris tipis seperti lempengan. Selain itu, buah ini bila dicampur dengan jeruk juga bermanfaat sebagai penghitam rambut.

This post has already been read 618 times!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>