Obat Herbal Batu Ginjal yang Alami

Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan karena terbentuknya endapan di saluran urine akibat kadar kalsium, asam urat, asam oksalat yang lebih tinggi daripada zat yang mudah diencerkan lainnya. Obat medis untuk mengobati penyakit ini sering tidak manjur, obat herbal batu ginjal merupakan alternative obat yang aman. Kurangnya air dalam darah juga berpengaruh dalam terbentuknya batu ginjal. Kurangnya air akan membuat ginjal tidak sempurna dalam menyaring darah yang membuat zat padat tidak dapat keluar dari urine dan diendapkan membentuk batu.

Selain itu, faktor genetik juga berperan besar dalam menurunkan resiko penyakit ini. Resiko penyakit ginjal pada anak lebih besar 6 kali daripada yang tidak ada rekam sejarah penyakit tersebut. Kandungan asam sitrat yang rendah juga disinyalir sebagai salah satu faktor pembentuk batu ginjal.

Penyakit batu ginjal dapat diobati melalui operasi bedah dengan pemberian kalium sitrat seusai operasi

Kalium sitrat dapat menguraikan zat-zat pembentuk endapan batu ginjal seperti kalsium, fosfat, sulfur, dan sebagainya. Namun mahalnya obat ini membuat banyak orang mencoba beralih ke obat herbal batu ginjal. Salah satu obat herbal batu ginjal adalah dengan menggunakan ekstrak jeruk nipis (Citrus aurantifolia). Jeruk nipis mempunyai kandungan sitrat yang tinggi yang dapat mengurangi resiko menderita batu ginjal. Selain jeruk nipis, varietas jeruk lain juga bisa digunakan meski kandungan sitratnya lebih sedikit seperti jeruk lemon, jeruk keprok, dan jeruk manis.

Daun Tempuyung

obat herbal batu ginjal

Obat herbal batu ginjal lainnya yang dapat digunakan adalah ekstrak daun tempuyung. Daun tempuyung mempunyai kadar kalium yang tinggi. Kalium inilah yang nantinya akan menguraikan kalsium dan zat padat lainnya pada endapan batu ginjal (kalsium karbonat) agar dapat larut dan keluar bersama-sama dengan urine.

Bagi penderita batu ginjal sebaiknya mengurangi makanan yang berkalsium tinggi termasuk susu. Sebaiknya minum air putih diperbanyak, minimal 8 gelas per hari. Gunakan ektrak daun tempuyung dan perasan jeruk nipis sebagai obat herbal batu ginjal alami. Selain itu hindari minuman beralkohol, minuman bersoda, makanan dan minuman instan, dan berbagai makanan dengan bahan pengawet karena dapat berefek buruk pada ginjal.

This post has already been read 1058 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>