Penuhi Nutrisi Ibu Hamil dengan Nutrisi Berikut!

nutrisi ibu hamil

Nutrisi ibu hamil sangat lah penting dan perlu dipenuhi agar ibu hamil tetap sehat dan bayi yang dikandung ibu juga bisa terlahir sehat. Banyak sekali jenis-jenis nutrisi ibu hamil yang perlu dipenuhi. Semuanya dapat ibu peroleh lewat beberapa makanan yang mengandung gizi tinggi seperti beberapa makanan di bawah ini: 

Nutrisi Ibu Hamil – Beberapa Jenis Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil Untuk Bayi Yang Sehat

– Sayuran Hijau

Ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi vitamin C, folat, serat dan zat besi melalui sayuran hijau tua seperti bayam dan kangkung. Saat hamil, zat besi yang ibu butuhkan lebih tinggi dari biasanya sehingga konsumsi sayuran hijau yang banyak dan rutin sangat penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan zat besi. Sementara itu, vitamin C dalam sayuran hijau akan membantu ibu hamil menyerap zat besi ini. Sedangkan folat akan mendorong tumbuh kembang bayi yang optimal. Adapun serat sangat diperlukan ibu agar tidak terjadi sembelit.

– Nasi Merah

Cobalah untuk mengganti nasi biasa dengan nasi merah. Hal ini bagus karena nasi merah mengandung vitamin B, zat besi dan juga serat. Dengan mengonsumsi nasi merah ibu akan merasa kenyang lebih lama karena nasi merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Adapun vitamin B sangat penting dalam memproduksi sel-sel darah karena volume darah pada ibu hamil akan meningkat sekitar 40%. Selain itu juga vitamin B akan menjaga kesehatan sistem saraf.

– Buah Beri

Aneka buah beri seperti strawberry sebaiknya sering ibu konsumsi karena didalamnya mengandung aneka vitamin serat folat dan antioksidan tinggi. Ibu membutuhkan antioksidan untuk mencegah resiko bayi menderita penyakit diabetes tipe dua ataupun obesitas. Anti oksidan juga berfungsi untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil atau disebut juga preeklamsia.

nutrisi ibu hamil

Demikian beberapa makanan yang mengandung berbagai jenis nutrisi ibu hamil yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu. Konsultasikan juga porsi asupan nutrisi yang perlu ibu peroleh karena setiap ibu dengan kondisi berbeda membutuhkan jumlah asupan nutrisi yang berbeda.

This post has already been read 540 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>