Tips Kesehatan: Pola Makanan yang Tepat Untuk Jaga Kesehatan

Tips Kesehatan: Pola Makanan yang Tepat Untuk Jaga Kesehatan

Tips kesehatan kali ini berkaitan dengan makanan dan pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan Anda. Ikuti beberapa tips kesehatan di bawah ini dan lakukan dengan konsisten agar Anda dapat menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat di tengah kesibukan Anda.

Jenis Makanan Dan Pola Makan Untuk Menjaga Tubuh Tetap Fit Dan Sehat

Hal terpenting yang perlu menjadi asupan bagi tubuh di tiap harinya adalah air putih. Memang cairan yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya bisa didapat dari air putih saja tapi juga dari buah-buahan, sayur-sayuran dan lain sebagainya.

Tapi tetap saja air putih wajib dikonsumsi minimal 6 sampai 8 gelas per hari. Selain mudah diserap tubuh, air putih juga berguna untuk sirkulasi darah, pencernaan, serta membantu membuang racun.

Tips Kesehatan: Pola Makanan yang Tepat Untuk Jaga Kesehatan

Iringi minum air putih dengan pola makan yang benar. Berkenaan dengan pola makan, yang perlu dipertimbangkan lebih dulu sebenarnya bukan seberapa sering atau seberapa banyak porsi makan Anda. Melainkan sebanyak dan sekomplit apa nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Setiap orang membutuhkan jumlah asupan nutrisi yang berbeda. Sehingga pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang tepat dengan jumlah nutrisi yang tepat.

Memakan tiga piring nasi per hari bisa jadi memberi Anda kandungan karbohidrat yang berlebihan. Maka Anda bisa misalnya mengganti satu piring nasi dengan oatmeal pada saat sarapan atau roti gandum yang didampingi dengan aneka buah-buahan untuk penambah vitamin dan mineral. Selain itu juga Anda bisa mengurangi porsi nasi dan menggantinya dengan sejumlah sayur-sayuran hijau dan ikan untuk memperoleh zat besi dan protein yang cukup.

Oh ya, mengenai kebiasaan mengkonsumsi buah-buahan sebaiknya hindari mengkonsumsi buah-buahan setelah makan makanan berat. Justru buah-buahan sebaiknya dikonsumsi sebelum Anda memakan makanan berat. Mikro nutrisi buah akan lebih mudah diserap tubuh secara optimal di saat lambung belum terisi penuh. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk menghindari makan dengan porsi makanan yang berlebihan.

Demikian beberapa tips kesehatan berkaitan dengan makanan dan pola makan yang bisa Anda terapkan.

This post has already been read 543 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>